Tuesday, November 26, 2013

Apa itu Sukses?


Pertanyaan menarik yang sering kali aku berikan kepada kerabatku yang kutemui.... Dan tentu saja jawabannya selalu berbeda dan menarik untuk aku tangkap akan arti kesuksesan menurut masing-masing pemikiran. Dan sebagai penguat pertanyaan itu sendiri, kali ini saya lampirkan sebuah foto yang notabene bukan hasil karyaku, sekali lagi fotonya bagus dan bukan hasil karyaku. Ini harus kuperjelas karena sejak menjadi fotografer sejak dahulu, selalu saya berikan karya-karyaku yang kuolah sendiri pada akhirnya menjadikan penguat inspirasi. Namun pada kesempatan kali ini dengan profesi berbeda, entah mengapa foto hasil unduhan dari ponssel ini menjadi sangat menarik, dengan kutambahkan sedikit tulisan penuh inspirasi yang kudapatkan juga dari aplikasi di ponsel.

Keduanya adalah hasil karya mereka dan bukan saya, tugasku hanya menyatukannya menjadi sebuah kesatuan yang menarik yang berharap dapat menginspirasi kalian semua yang membacanya. Entah mengapa serentetan kalimat itu menjadikan inspirasi di dalam setiap keseharianku. Dan kubagikan untuk kalian semua yang membacanya dan semoga terkirimkan dan bisa menginspirasi kalian pula.

Simple kata-katanya namun mendalam, dimana mengatakan bahwa tidak ada yang lebih penting selain kesuksesan untuk kalian semua. Pertanyaan berikutnya sesuai judul pada tulisanku kali ini, Sukses itu apa sih? Apa yang tersirat di benak kalian saat membaca judul tulisanku ini?

Tentunya seperti yang sudah kukatakan dari awal, pasti berbagai ucapan akan kalian berikan dan serentetan kata-kata menarik akan meluncur. Yup! Sukses itu menurut saya..... dan sangat beragam.... pastinya sesuai dengan apa yang mereka butuhkan saat ini, atau apa yang mereka lihat 5, 10 tahun mendatang.... Ataupun apa mimpi dan cita-cita mereka mengenai definisi sukses.

Jadi sukses adalah... eitss tunggu dulu, sampe akhir tulisan ini pun tak akan kalian temukan jawaban saya karena pastinya berbeda dan mungkin kalo bertemu denganku akan kukatakan apa yang pada akhirnya sebuah arti kesuksesan. Perbedaan umur, gender hingga status akan meramu apa arti kesuksesan itu tentunya, ada yang mengenai karir hingga level sekian, atau punya status sosial ini atau itu, punya keluarga bahagia, bisa menyenangkan ortu, dan bejibun jawaban menarik tentunya yang kudengar.

Pastinya kadar sukses itu sangat dan sangat beragam. Apakah tentang finansial? Kepuasan pribadi? Kepuasan berbagi? macam-macam, yang secara jujur jawabanku sekarang pasti akan berbeda dengan 5 tahun lalu, sekarang atau 5 tahun mendatang tentunya. Namun apapun jawaban kalian, pastinya sukses punya n sesuatu yang kalian kejar untuk selalu bertahan hidup. Jadi jika jawabannya adalah yah sekarang sih gue dah sukses.... saya katakan, hati-hati, berarti Anda berada di zona nyaman yang notabene hidup selalu ada naik dan turun, tinggal pertanyaanya adalah Anda saat ini lagi berada di mana?

Menjadi sukses n merasa sudah sukses berarti memiliki konsep tidak ingin ambisius, boleh juga, atau melihat sisi sebaliknya? kurang berambisi dan sudah merasa nyaman dengan kondisi sekarang? kembali lagi, semua adalah mindset kalian. Waspadai yang berbau negatif, buang dan ambil positifnya, jangan sampe dengan jawaban Anda akan mengunci mindset Anda sendiri.

Apapun jawaban kalian, pastikan bahwa apa yang kalian lakukan adalah sesuatu hal yang berguna, layak untuk dilakukan, dipertahankan, dikejar-kejar kalo perlu, karena seperti tulisan di awal itu tadi, bahwa jika Anda tidak sukses dengan apa yang Anda yakini, buat apa? Hidup hanya sekali, yang gagal sih banyak, dan menjawab pertanyaanku di masa lalu juga sih, kenapa sih ga ada buku tentang menulis tentang orang yang gagal? Hey... wake up, yang gagal atau ga sukses sih banyak n bejibun, justru yang ekstra ordinary, bergerak diluar kebiasaan yang menjadikan berbeda, lalu sukses n siap membagikan pengalamannya untuk memberikan inspirasi kepada yang lainnya. N kalaupun buku itu ada, apakah kalian mau membelinya? Bayangkan kalo ada buku judulnya Bagaimana Menjadi Gagal? atau Bagaimana menjadi seorang pecundang? Kebayang kan yang melihat judulnya akan senyum dan mungkin udah ogah memegang bukunya apalagi membelinya. Tapi itu menarik, maybe suatu hari kalo saya masih diberikan kesempatan dan waktu yang ada, masih ada cita-cita menulis buku, dan tentunya memberikan inspirasi kebanyak orang namun dengan judul yang sebaliknya. Laku ndak yah?

Kembali ke judul tulisanku kali ini, so sudahkah Anda menemukan jawabannya? Apa yang terlintas, terbersit dibenak kalian? Sukses itu bisa macarin si A yang sangat cantik dan kembang sekolahan? Atau bisa berkenalan hingga foto bareng dengan si anu? atau ada lagi salah satu temenku yang begitu senang saat menjadi follower salah satu selebritis dan pada akhirnya di reply dengan mention kepadanya hingga menjadikan DPdi BBM nya, thats interesting. Meruntut itu, saya juga jadi inget saat jaman SMP nguber selebritis sampe kirim surat ke luar negeri dan sangat senang nungguin 2 bulan lebih saat akhirnya dibalas suratku dengan selembar kertas ber-ttd si selebritis. Waktu berlalu dan BUMP! Malahan saya sempat bertemu kembali dengan selebritis idola di depan saya, bahkan saya bisa mengajaknya foto bareng, namun tidak saya lakukan. Why? waktu dan momentnya dah beda kali yah, saya bertambah umur dan ga segila dulu pula sih. But someday kalo ketemuan lagi, boljug saya akan menyapanya dan menceritakan siapa saya dan mengungkapkan saya sebagai salah satu penggemarnya di masa lalu. Terserah jawabannya apa sih.Just say Thanks sudah sangat senang buatku. Ngomong-ngomong gimana kabarnya tuh si selebritis?

Akhir kata, Sukses sama ambigu-nya dengan arti kata Bahagia. Keduanya selalu berubah mengikuti perubahan waktu. Dan menutup tulisanku kali ini, so....

Apa itu Sukses menurutmu? 

No comments: