Saturday, December 08, 2012

bring my soul with you...

 Sekian banyak dalam kunjunganku ke dalam sebuah pesta pernikahan... teringat secara flashback, dimana saat ku kecil, kedua orangtuaku tercinta sering mengajak ke pesta tersebut, dimana sanak saudara ataupun kerabatnya yang merayakan. Dan selalu ingat juga, kalo kesana selalu senang dengan berbagai macam makanan yang amazing aku coba... selalu senang juga berweek-end bersama orangtuaku... terutama ayahku yang meluangkan waktu di akhir minggu untuk mengajak kita semua jalan-jalan....

Hari berganti dan bergulir terasa sangat cepat... begitu banyak kusimpan souvenir yang kudapatkan setiap ku menghadiri setiap acara pernikahan kerabat-kerabatku....  hingga tak terasa, kotak yang biasa aku gunakan, sudah tidak muat dan mulai tercecer ke berbagai tempat, tapi selalu aku simpan, entah mengapa... mungkin dalam benakku, saat aku membuat acara ini, aku dapat mengambil salah satu contoh untuk kugunakan sebagai souvenir dariku kepada seluruh tamu yang hadir....

Kemarin, saat kumelihat sebuah film di bioskop yang sepertinya "bukan gue banget" tapi entah mengapa selalu menontonnya... teringat dimana pernah pada seri sebelumnya, saat selesai menonton memberikan kritik tajam akan apa yang kulihat karena.... yah mungkin hanya tertawa dan berpikir akan ceritanya yang sangat cocok untuk lawan gender tapi tidak untukku... ingatanku kembali kepada sebuah kalimat dimana dia berkata..."jangan omong gitu dong, itu film kesukaanku..." dan kujawab dengan sebuah senyuman dan menghentikan kritikan dengan ucapan kesan lainnya....

Dan kali ini aku melihat akhir dari film ini, dan apa yang kudapatkan di dalamnya? terasa memberikan aku begitu banyak flashback, tidak hanya kepada momen yang kutuliskan sekelumit di atas...tapi akhir yang bahagia akan film itu.... WHY? suddenly i thinking about that... berkali-kali aku melihat film yang happy ending terasa basi buatku, karena semakin bertambah umur, dan aku semakin melihat dunia  ini bahwa TIDAK ADA AKHIR HIDUP YANG SELALU BAHAGIA.... ada, tapi tidak selalu....

Namun, entah mengapa, sebuah tayangan menarik pada salah satu scene yang menghadirkan sang tokoh berada dalam sebuah taman.... seketika pula... pikiranku dan perasaanku bercampuraduk...

Berapa banyak juga kerabat yang kutemui yang selalu kutanyakan hal yang sama... berulang-ulang... dan selalu sepertinya jawabannya tidak nyambung di kepalaku yang totally manusia penuh logik dan selalu ada sebab-akibat dan ketidakpastian di masa depan.... mengapa orang berani mengambil keputusan untuk menikah? perasaan apa yang pada akhirnya menetapkan di kepala mereka "ini waktunya gue menikah"....

Maybe...this is  my time... i dont know... tapi entah kenapa, sekelebat itu pula, aku berpikir berbeda... inginkah aku ke arah itu.... kembali aku jawabkan dengan... i dont know... tapi yang jelas, semua itu seperti menghantuiku dalam sekejap...

Back to my past for a while.... setiap lagu yang kudengarkan seperti memberikan sebuah arti dan momen tersendiri, yang pada akhirnya lagu2 tersebut aku masukkan ke dalam gadget yang selalu kubawa... bahkan jika ku flashback lebih lanjut... berhubungan erat dengan sebuat kalimat yang kujadikan judul blog ku sendiri...

bring my soul with you...

Sebuah kalimat yang sederhana, tapi entah mengapa, aku ingat sekali, sekian tahun lalu aku berpikir keras mencari sebuat judul untuk diriku sendiri yang rupanya gampang-gampang-susah....banyak orang membuat judul tersebut untuk sebuah ungkapan kata hati, sehingga lebih ke arah nama atau sesuatu yang diri sendiri.... atau bisa juga sebuah profesi yang sedang dia jalani... dan saat itu aku berpikir keras, aku ingin apa, aku ingin menulis apa, aku ingin menjadi apa?....

Tak tahu pasti, tapi aku tau apa yang membuatku bahagia saat itu... tak lain dengan sebuah konsep sederhana... aku ingin memberikan sesuatu hal kepada sekelilingku... aku ingin berarti untuk mereka semua... bahkan... aku rela ingin memberikan jiwaku kepada mereka.... alhasil, aku pilihkan rentetan kata sederhana itu.... aku ingin hidup dengan sebuah jiwa yang berada dalam kehidupan mereka...

Jujurnya, aku pun tak tahu ingin memberikan apa kepada sekelilingku pada saat itu, tapi aku yakin sekali dengan tag line yang kubuat sendiri dengan perbendaharaan kata yang sederhana dan ga rumit diingat... Dan jika ingin dilihat? lihatlah sederetan postingan yang ada...

Kembali ke masa kini, mungkin tag line tersebut sepertinya menyatu dengan profesiku yang kumiliki saat ini, selain dengan berbagai hasil dan karya masa lalu yang aku coba berikan kepada publik, teman, sahabat dan semua orang.... kali ini aku ingin memberikan lebih dari itu... yaitu sebuah kehidupan...

Perubahan membuatku selalu berpikir keras setiap harinya, bahkan aku pribadi menolak untuk hidup enak dan nyaman bersama kedua orangtuaku, aku menggembleng hidupku sendiri untuk meyakinkan diriku sendiri bahwa aku harus bisa selalu hidup dengan apa yang kulakukan.... mudah atau sulit, itu semua harus kulalui demi mendewasakan diri, dan sekian banyak posisi, kondisi dan situasi, aku tempa diriku sendiri... aku harus bisa, dan tidak ada kata lain....

Mungkin itu pulalah yang menyebabkan aku tak pernah memikirkan untuk diriku sendiri selain untuk orang lain dan sekelilingku.... bahkan berkali-kali terasa kegetiran menyelimutiku, berkali-kali juga pada saat yang sama aku merasakan kebahagiaan untuk orang lain... aku selalu bahagia untuk kebahagiaan mereka... bahkan, saat aku tersakitipun aku bahagia asalkan mereka bahagia...jujurnya, aku tidak terlalu peduli akan diri sendiri dan selalu menempatkan mereka dan orang banyak diposisi awal....

Kehidupan lahir, beranjak dewasa, bersatu dengan seseorang spesial, memiliki keturunan, membesarkannya, dan kematian menjemput...

Sesederhana itu konsep dalam pemikiranku saat ini, sehingga jika semuanya akan seperti itu... mau jadi apalagi diriku? karena apapun dan bergerak kemanapun, arahnya secara global seperti itu... hingga aku menyelaminya dan mendapatkan jawaban sederhananya.... jika seperti itu jalannya, lalu... apa yang bisa kuberikan kepada arti dari hidup itu sendiri?

Dengan menanyakan itu pada diri sendiri, maka semua kecintaanku pada gadget dan semua benda tak bergerak, aku letakkan dan aku berpindah posisi demi menyelami kehidupan yang tidak ringan ini... Overall, selalu bangga dengan apa yang sudah aku lakukan.... pahit, senang, sedih, manis, bahkan kegetiran? sepertinya sangat terbiasa, jika aku bisa hidup dengan rasa sakit, mengapa harus kaget lagi dengan sangat kegetiran berteman dekat denganku? Totally, aku selalu bahagia pada apa yang telah kulakukan dan akan kulakukan... seperti hal yang sama pula... saya selalu menempatkan hidupku setelah kehidupan kalian semua...

So... Did you bring my soul right now?... or... Maybe later?.... 

1 comment:

Syam Matahari said...

Nice bang yos!
Selangkah lebih berani, hehe.. pada akhirnya menikah adalah sekolah untuk ego pribadi kita, jika dirasa sudah siap ya disegerakan saja.

:))