Thursday, July 14, 2011

HTC ChaCha


HTC ChaCha
Yup... smartphone menarik dari jajaran HTC yang menghadirkan nuansa berbeda, karena biasanya keluaran HTC selalu muncul dengan kepiawaiannya dengan layar sentuh yang lebar, namun kali ini muncul di layar sentuh ukuran 2.6 inci. Bentuknya menarik karena kombinasi dengan keyboard QWERTY-nya. Gue yang biasanya ga kepincut dengan ponsel QWERTY karena berasa kelebaran dan bukan versi keyboard sliding atau lipat, pas liat bentuknya langsung kepincut.

Tapi... yah itu dia, layar sentuh cukup memakan daya, alhasil ga tahan lama dengan semua aktivitas yang dilakukan pada smartphone. Sebagai sedikit komparasi, pengguna HTC Desire selama 1 hari kayaknya ga tahan, kecuali kalo ga dipake buat nge-game atau nge-twit yang sering, bisa lah sekitar seharian beraktivitas diluar, 12 jam sih kuat, tapi kalo dipake dengan sering dan aktivitas di layar sentuh, dijamin cuman tahan sekitar 6 jam dan harus charge lagi. Komparasi dengan iPhone 4 yang lebih tahan lama, smartphone ini terbilang ganas, dan jujur aja, kedua brand itu bisa gue bilang brand yang sama ganasnya dalam dunia smartphone. Tapi kalo ketahanan daya, jelas dengan aktivitas yang sama bahkan lebih di layar layar sentuh, iPhone 4 tetep menang, yang pasti tahan 1 harian dengan semua aktivitas berat, pun main game yang cukup lama.

Layar memang beda tipis, HTC Desire dengan 3,7 inci, sedangkan iPhone 4 dengan 3,5 inci, namun kalo dilihat dari sisi layar, kayaknya lebih menang HTC Desire dengan warna yang lebih kontras. Foto2 yang aku taruh disana, lebih memberikan nuansa kontras dan lebih indah, kalo iPhone 4 lebih sesuai sumber fotonya.

Kembali ke HTC ChaCha dengan keyboard QWERTY yang menawan, gue demen liat rongga antar tombolnya yang memudahkan saat ditekan. Ga mepet-mepet kayak BB, yang secara notabene bukan BB user, karena yah itu tadi, liat dempet-dempet tombolnya bikin berada dihimpit dan jari harus berdesakan saat mengetik. Komparasi dengan communicator Nokia 9300, jelas lebih nyaman, dengan keyboard yang dilipat, tombol lebih lebar, karena ukuran ponsel yang panjang, dijamin kalo perang nulis bisa lebih cepat dan itu selalu menjadi andalan gue dalam pengetikkan sms dengan super cepat.

Tapi melihat HTC ChaCha dengan tampilan yang bisa gue bilang cantik, ini smartphone oke brat, emang layarnya dihimpit, dan berasa kurang kalo untuk pengguna layar sentuh diatas 3 inci, dijamin berasa terjepit, tapi untuk yang BB user, kemunculan HTC ChaCha yang mirip BB bisa menjadi kesamaan, baik karena layar yang ga berbeda jauh dengan 2,6 inci, dan tentu aja full keyboard QWERTYnya.

Tapi yang selalu lebih mengesankan akan produk HTC buat gue pribadi adalah HTC Sense yang bisa gue bilang totally AWESOME! Ganas, dan seperti menajamkan arti kata "SMARTPHONE" karena totally smart! Beda dengan ponsel lain yang terbilang jajaran smartphone tapi ga diberikan interface yang menawan. Kadang plek-plek aja dipindahkan dari ponsel biasa ke layar sentuh, alhasil sepertinya ga smart, karena kita sebagai pengguna yang melakukan semuanya, cuman berasa mindahin menu pilihan dari tombol ke layar sentuh.

HTC Sense bisa memberikan sesuatu yang berbeda, saat telepon bunyi, dengan membalikkan tuh ponsel udah tiba-tiba mati, wong saat dipegang aja deringnya udah mengecil karena menganggap yang punya tuh ponsel udah deket dan ga ingin bunyi dering memekakkan telinga. This is yang gue bilang smart! Jadi ga usah yang terlalu ribet melihat sepintar apa sih ponsel, tapi sebetulnya hanya tinggal sedikit perintah dari kita sebagai pengguna tapi dapat menghasilkan sesuatu yang cepat dan sesuai keinginan.

HTC ChaCha menampilkan tombol Facebook yang memudahkan untuk melakukan sharing informasi apapun, baik dari ngup-date status, upload foto, video, sampe check-in lokasi dipermudah. Jujur aja, gue ga terlalu Facebook mania, lebih seru twitter, memang untuk yang demen upload foto, Facebook powerfull, tapi karena keseharian dah padat, sepertinya ngupload foto udah ga sempat setiap saat, dan cukup menuliskan status sederhana di twitter dan BUMP! bisa sekalian baca temen2 dan sohib lagi pada ngapain.

Oke, segitu dulu deh, yang pasti HTC ChaCha memberikan sesuatu yang menarik, sayang brat pula, ponsel dah cukup merepotkan setiap kali dibawa, kalo ditambah lagi kayaknya bakalan membebani pulsa dan mau nomor versi mana lagi. Yang pasti disesuaikan dengan kebutuhan, jangan semua menjadi yang utama, untuk menghemat baterai, sedikit saran dariku buat pembaca, dimana jika ingin yang powerfull semuanya yah pilih yang smartphone dengan baterai yang tokcer, kalo ingin multimedia dan entertainment yah pilih yang ke arah sana, kalo ingin yang sangat hemat baterai? simple, dont pick smartphone, pilih ponsel konvensional aja, komparasinya penggunaan ponsel Esia bisa tahan sampe 5 hari lebih tanpa charge. BT juga kan kadang kalo dah pake ponsel, tiba2 lebih banyak buat kegiatan keseharian dan saat mau nelpon tiba2 jreng tewas, apa gunakan ponsel kalo ga tahan buat nelpon?http://www.blogger.com/img/blank.gif

Jadi intinya sesuaikan kebutuhan, jangan menjadi uber2an dan ingin yang terdepan dan ter-update, karena, buat apaan? Menguras kantong. Kembali ke kebutuhan, dan kalo mampu menggunakan beberapa ponsel, bedakan aja fungsinya satu-satu, yang mana yang buat nelpon tahan lama, yang buat multimedia, atau yang buat nge-game, dijamin bhttp://www.blogger.com/img/blank.gifisa menjadikan sesuatu yang saling mendukung, jadi ga mubazir.

Ok, segitu dulu, next time sepertinya mau membedah komparasi lebih dalam lagi, cuman waktunya ga ada, padahal di kepala dah banyak sekali ide yang belum terlaksana. Segini dulu, next time dicoba lebih banyak informasi yang ku-sharing, Have A Nice Day!

Review Hands-On dapat dibaca disini : CHIP Hands-On: Android Gingerbread di HTC ChaCha

Info seputar HTC Sense dapat dibaca disini : HTC Sense Dalam Keseharian Anda Bersama HTC Desire S

No comments: