Thursday, August 04, 2011

Diam Sejenak

Di tengah semua kesibukanku, sulit rasanya untuk sering melakukan update disini, dikarenakan jadwal kerjaan yang padat, blum lagi review pula, alhasil cukup rumit mengatur waktu untuk melakukan update disini. Terkadang jika terlalu banyak bergerak atau istilahku adalah grabak-grubuk, sulit rasanya mendapatkan informasi dan memilahnya, karena jujur aja, terlalu banyak informasi dan waktu yang terbatas sehingga kurang jeli dalam memutuskan.

Sehingga ada waktunya untuk diam sejenak dan meramunya. Membaca berbagai informasi dan memutuskan mana yang harus dilakukan dahulu, namun jangan lupa, saat sudah menentukan jadwal, tetapkan dan komitmen dengan jadwal agar GOAL dapat tercapai, jika tidak maka akan berulang ke faktor grabak-grubuk itu lagi.

So... banyak sekali yang ingin aku lakukan, baik selalu membenahi hidupku setiap harinya untuk selalu berkarya dan menjadi lebih baik lagi, juga untuk menghasilkan sesuatu yang berarti, baik berarti untuk diriku dan semua yang ada di sekeliling.

Ingin rasanya memberikan preview atau review tentang beberapa produk ataupun hasil karya foto, baik informasi atau tips yang berguna, namun kembali lagi akan waktu yang pendek terasa setiap keseharianku. Photography sepertinya sudah menjadi bagian dari keseharianku, tanpa foto akan menjadi terasa basi untuk sebuah berita ataupun review produk. Foto selalu aku buat lebih berbicara ketimbang tulisan, bahkan tulisan hanya melengkapi apa yang ada di dalam foto dan bukan sebaliknya.

Berbeda dengan gaya penulisan berita lainnya, mungkin akan lebih kaya dengan tulisannya, dan foto sebaga pelengkap, namun jangan salah, pernah kubaca bahwa bentuk visual berupa gambar atau foto mampu terlihat hingga 80 persen lebih menarik di mata ketimbang sederetan tulisan, alhasil setelah kucoba beberapa kali, pembaca akan fokuspada gambar atau foto terlebih dahulu, baru membacanya.

Jika dari sisi judul dan foto utama, siap2 bersaing, apakah foto yang mengundang pertama kali, atau judul yang booming. Baru setelah sebuah artikel berita dibuka, kujamin foto akan dilihat terlebih dahulu secara keseluruhan dan baru membacanya.

Mungkin segini dahulu daku tuliskan, terlalu pendek rasanya hari dalam keseharianku, bahkan saat memiliki waktu, kuhabiskan untuk bersosialisasi dan beristirahat. Jujur, menjadi penulis selalu menjadi hal menarik bagiku, dimana karya dan seni yang kugabungkan dalam bentuk foto dan rentetan kata, menjadi sangat berarti saat pada akhirnya dibaca dan disukai pembacanya. Kepuasaan menyebarkan informasi menjadikan hal yang terbayarkan. Sebagai tambahan untuk perbandingan adalah pernah aku lakukan review produk, dengan waktu 2-3 jam untuk foto produknya, dan saat digabungkan dengan tulisan dan meramunya menjadi sebuah karya memakan waktu hingga 4 jam, alhasil total sebuah artikel review memakan waktu sekitar 6 jam. Namun kepuasan kurasakan saat pembaca menyukainya, baik ribuan, hingga mencapai angka 30 ribu viewer, dan rasa lelahku terbayarkan. Asumsi per bulan 10 ribu yah, bahkan saking Fred ya sampe di copy mentah2 ke web lainnya. Gondok? Pastilah, 6 jam kuhabiskan waktu untuk menjadikan sebuah artikel menarik dan di copy mentah2, namun kembali ke faktor penyebaran informasi, dan selama masih menyertakan link atau sumber berita, tak mengapa bagiku, itu sudah cukup. Intinya adalah disebarkan dan dibaca.

So, jujur ya menjadi penulis itu hal yang GILA, dimana jika menulis web ini, daku bisa mencari waktu dan mood, namun jika sudah menjadi keseharian, hal yang terberat adalah komitmen dimana harus selalu ada hasil karya. Tidak peduli mood sedang di atas atau di bawah, hasil karya harus selalu tercipta. Alhasil komitmen bukan hal yang mudah, dihimpit oleh tugas lainnya yang menguras tenaga, dan pikiran, serta waktu yang terus dipangkas, namun hasil karya harus selalu tercipta. Jujur, ini hal yang tidak mudah.

Sehingga diam sejenak sepertinya harus kulakukan, baik untuk mengisi tenaga dan mencari tahu apa yang sedang tren saat ini. Baru melakukan eksekusi, dan betul kata orang, banyak baca menjadi banyak pengetahuan. Hal ini juga berlaku di dunia fotografi. Setelah sering membaca dan melihat contoh visual, ada kalanya pas di lapangan untuk melakukanya dan mempraktekkannya. Hal ini harus dilakukan agar pandangan selalu terbuka dan berwawasan, bayangkan jika hanya itu itu saja yang dilakukan, dan lama-lama akan terhimpit oleh pemikiran pribadi saja. Untuk itulah diam sejenak dan membaca merupakan hal penting.

Akhir kata, luangkan waktu untuk melihat sekeliling sejenak sebelum melakukan aksi dan reaksi, berikan waktu untuk tubuh Anda beristirahat dan Anda akan kembali fit saat semuanya hadir ke pikiran dan raga Anda. Akhirnya... Salam hangat, dan berikan wakt diam sejenak.... Baca.... Dan lakukan kembali apa yang sudah diolah dipikiran Anda.... (",)

No comments: