Wednesday, July 22, 2009

Gallery Foto 4

Seringkali seorang teman atau kerabat yang minta aku foto, mereka kurang pede saat melihat beberapa contoh yang aku miliki, mereka akan berkata "Mereka model, jadi kulit, postur tubuh hingga struktur muka juga bagus, lah aku kan bukan model?" Dan aku hanya berkata "coba aja kita foto dulu bagaimana?"

Dikarenakan model yang menurut sebagian orang mempunyai wajah yang terawat, postur tubuh yang tinggi, berat badan idela, maka sebagian orang menganggap bahwa memotret model lebih mudah, ga terlalu sulit, sehingga teman atau kerabatku yang memang kebetulan memiliki kekurangan pada beberapa bagian, mungin bentuk tubuh atau struktur muka yang kurang proporsi menjadikan kurang pede untuk difoto. Tapi itu semuanya sah2 saja, sehingga aku pribadi mengetahui itu dan mencoba mengambil beberapa contoh foto. Tidak mudah memang, mungkin postur yang tidak tinggi dan banyak jenis bentuk muka, dari panjang, bulat, segitiga dan masih banyak lagi, blum lagi yang banyak kurang pede adalah ukuran tubuh yang mereka anggap blum ideal, padahal di mataku, itu hanyalah sebagian kecil, yang menjadi kunci adalah bagaimana saya pribadi sebagai pemegang kamera mengambil angle yang pas dan menjadikan semuanya berubah.

Perubahan yang saya lakukan tidak merubah kenyataannya, tidak juga melakukan dalam proses perubahan image akan bentuk tubuh atau struktur muka dengan program pengolah foto, yang menjadi kunci saya dalam melakukan perubahan itu adalah angle, baik dari angle untuk merubah struktur muka hingga kepada angle untuk menjadikan si model menjadi lebih tinggi dari aslinya. Penggunaan program pengolah foto hanya saya gunakan untuk menyesuaikan tone kulit dan warna lingkungan sekitar.

So... beberapa contoh berikut adalah termasuk dalam Gallery Foto 4 yang blum lama aku abadikan, bahkan termasuk baru saat saya memposting ini, sebagai gambaran, bahwa si model kali ini postur tubuh tidak terlalu tinggi, wajah berstruktur bulat dan ukuran tubuh cukup ideal menurut saya pribadi, so, saya coba mengambil di siang hari dengan lensa 17-50mm dan terkadang menggunakan lensa fix 50mm.










Bagaimana? sudah ada gambaran bagaimana menyajikan sebuah foto yang terlihat biasa atau bahkan memiliki kekurangan menjadi sebuah foto yang "Amazing?" Jadi buat yang kurang pede untuk saya foto, jangan berkecil hati, simple2 aja, biarkan kamera saya yang berbicara dan kita lihat hasilnya nanti setelah tersajikan....oke, kesempatan kali ini saya tutup dulu, tunggu kesempatan mendatang, mungkin akan saya sajikan koleksi lainnya lagi, semoga berkenan dan tercerahkan....(",)

No comments: