Wednesday, April 08, 2015

Did u ever feel boring?

Pernahkah kalian merasa bosan?

Bosan akan sebuah rentetan rutinitas? Kurasa setiap orang pasti pernah merasa bosan, melakukan hal yg dirasa sebagai rutinitas. Ibarat menyuap makanan, harusnya bisa terasa bosan, karena melakukan itu setiap hari, bahkan beberapa kali dalam keseharian. Namun mengapa menyuap makanan tidak terasa membosankan? Ataukah kalian pernah merasa menyuap makanan juga merupakan hal yang membosankan?

Mendadak saya teringat sebuah cerita, yang terkadang kita berbagi pengalaman, bertukar cerita akan apa yang pernah dialami. Malahan membuatku menarik sekali saat mendengarkan cerita teman atau kerabatku. Mereka seperti memberikan nafas untukku. Mendengarkan cerita atau pengalaman mereka menjadikan hal yang selalu menarik untuk ku simak. Dan sebaliknya, mengulang cerita pengalaman hidupku sepertinya hal yang terasa biasa.

Pengalaman hidupku yang selalu singkat, padat dan jelas. Bahkan kalo dikomparasi, terasa sederhana, ga ribet, sehingga ceritaanku menjadi cepat habis. Mungkin yang mendengarnya juga bisa ngantuk karena kalo denger versi detilnya, yah begitu-begitu saja.

But...
Its amazing jika rupanya apa yang kuceritakan bisa membuat mereka seperti menyelami apa yang pernah kulakukan, dimana buatku terasa biasa saja tapi buat mereka adalah sebaliknya.

Hal itu membuatku bertanya, ada apa dengan pengalamanku? Its simple, singkat n sederhana. Tapi saat ku cerna kembali, mungkin disitulah letak menariknya, dimana yang mengalaminya sepertinya terasa biasa saja, tapi untuk orang lain yang tidak mengalaminya memberikan kesan yang berbeda. Pun saya selalu tertarik mendengarkan kisah lawan bicara, bahkan selalu memberikan nuansa yang berbeda.

Terkadang kita tidak menyadari apa yang kita anggap biasa, membosankan, tidak menarik, datar saja, jika dilihat oleh orang lain malahan terasa sebaliknya. Mungkin karena sifat dasar manusia yang secara langsung ataupun tidak langsung, dapat mengkomparasi bahwa yang diluar diri sendiri menjadi hal yang luar biasa. Pun apa yang terjadi pada diri sendiri mungkin sangat luar biasa.

Terkadang kita lupa bahwa apapun yang terjadi pada diri ini, patutlah kita syukuri, membosankan untuk diri sendiri, belum tentu untuk orang lain, juga sebaliknya.

Melihat ke belakang sejenak untuk bersyukur, lalu melihat ke depan untuk termotivasi untuk melakukan perubahan. Lalu melihat hari ini bahwa akan lebih baik dari hari kemarin.

Bersyukur merupakan salah satu cara menghilangkan kebosanan, pun serentetan cara lain untuk membasmi rasa bosan, seperti makan sesuatu yang berbeda sejenak, atau permen/coklat yang katanya bisa menaikkan mood seketika. Tapi apapun itu, bersyukur dapat menjadikan cara dalam menikmati apa yang sudah kita dapatkan hingga hari ini.

Secara logika, kadang buatku ga menangkap tanggapan lawan bicara bahwa hidupku berwarna. Warna apa sih? Warna kayak gimana? Dan warna yang kuanggap sama, tapi dapat dilihat berbeda oleh orang lain, dan juga sebaliknya. Saya selalu terkagum-kagum dengan apa yang orang lain lakukan.

So, apa yang harus kita lakukan untuk mengembalikan warna itu sendiri? Kalo saya pribadi melakukan diluar rutinitas. Berikan waktu untuk diri sendiri melakukan hobi yang sudah lama tidak dilakukan, mencoba hal-hal baru. Pun sebenarnya keseharian saya selalu berwarna.

Pernahkah kalian merasa bosan?

No comments: