Monday, July 14, 2014

Bermain Tomb Raider di Laptop AMD?


Teringat pada masa dahulu dimana bermain game menjadi sesuatu hal yang menarikku untuk mengenal dunia komputer. Game nya jadul abis dimana warna hanya hitam putih, atau hijau saja. Namun itu pun sudah dapat membuatku terpukau dengan menghabiskan sekian puluh jam dalam sebulan untuk berkenalan dengan mesin ajaib itu.

Waktu berlalu dan warna bertambah sehingga saya sebagai penggunanya dapat membedakan warna pada layar komputer dan menjadikan game menjadi lebih menarik. Pun warna yang dimiliki oleh game tersebut masih terbatas, setidaknya tidak hanya hitam dan sebuah warna.

Teringat jaman dahulu, perangkat komputer itu mengenalkan aku akan berbagai macam hal, seperti tertarik dengan game petualangan, dimana mengambil dan melakukan action harus menuliskan bahasa inggris. Interesting. Jaman SMP kalo tidak salah, era tahun 1980an. Game King Quest yang sangat menarik dengan sequelnya.

Game balap2an seperti Test Drive menjadikan menarik buatku, padahal dinding dalam game tersebut terbilang kaku, sudut2 terasa tidak halus. Namun kokpit dashboard mobil terasa sangat menarik, bahkan menjadi lebih menarik saat game mobil tersebut bisa memberikan efek hujan. WOW, thats amazing.


Game Adventure dikenalkan oleh sahabat baikku yaitu Indiana Jones. Menjadikan hingga detik ini sangat tergila2 dengan sosok Indy. Beribu jam kuhabiskan untuk menuntaskan game tersebut tanpa mengenal apa itu namanya walkthrough, melatih logikaku untuk menyelesaikan setiap puzzle yang dimiliki oleh game tersebut. Tentunya melatihku bermain logika dan berbagai kemungkinan yang terjadi. Gila? terbilang iyah. Rasa penasaranku semakin besar dengan yang namanya komputer.

Waktu berlalu dan jaman SMA-kuliah era 1995an mengenai game yang namanya booming di dunia konsol, yaitu Tomb Raider. Hanya bisa menggigit jari saya melihat efek air di tivi saat menampilkan game tersebut, yang akhirnya komputer menghadirkannya dalam bentuk CD. Ingat benar jaman itu daku membeli game Tomb Raider 3 dengan harga 30ribu di sebuah toko komputer bilangan Jakarta Selatan yang menurutku cukup merogoh kocek.


Sekian bulan pun berlalu demi menamatkan game tersebut, sangat menakjubkan melihat riak air, melompat, dan berbagai efek lainnya yang dihadirkan oleh puzzle yang semakin rumit. Saya menjadi manusia autis yang sudah sejak lama demi semakin bersahabatnya dengan sosok komputer dan Tomb Raider ini. Bahkan akhirnya tamat juga tanpa bantuan walkthrough. WOW lagi, terbilang pengalaman yang tak terlupakan.

Waktu bergulir sangat cepat dan tak mengingat lagi berapa banyak game Tomb Raider yang sudah aku tamatkan, yang tentunya sudah mengenal walkthrough juga akhirnya. Pun terbilang agak bodoh juga, bermain game sambil membaca buku untuk mengarahkan berjalan kemana dan mengambil apa. Kayak baca komik saja, kenapa ga baca saja semua dan tau tamatnya itu game gimana yah?

Tapi game tersebut selalu menggugah selera, karena selalu penasaran dengan sedikit cuplikan scene saat berpindah level, menceritakan mau kemana dan seperti apa alur ceritanya. Dari bentuk alur hutan, sampe masuk daerah kuil. Dan selalu amazing lihat game ini.

Waktu terasa berlalu dengan sangat cepat, Tomb Raider berubah sosoknya, senjata yang dibawanya semakin banyak, dan tentunya puzzle semakin rumit, gambar 3D semakin halus, dan sekian banyak perubahan sosok karakter Lara Croft, bahkan bisa bergelantungan berpindah sisi. Sangat menakjubkan lagi.

Dan semakin tertinggal malahan antara game, dan peripheral komputer yang mumpuni, bahkan saya pada akhirnya berpindah ke permainan tablet dan laptop sesuai dengan keseharian yang selalu berpindah. Jadi kebayang saat akhirnya melihat Tomb Raider terkini yang merubah sosoknya dan semakin tidak kaku dengan kontrol yang sangat semakin manusiawi dan ceritaan yang lebih dramatis.


Pada akhirnya saya tak bisa memainkan game Tomb Raider karena keterbatasan waktu, namun selalu memantaunya, bahkan melihat teman baikku memainkannya saja, buatku sudah terasa puas akan tampilan yang selalu takjub dibuatnya. Seperti yang kulihat dengan kemampuan AMD yang sangat mumpuni dengan tampilan layar 4K yang sangat detil. Super WOW....

Inget banget rasanya dulu mengendalikan karakter Lara yang bisa berenang saja sudah terasa FUN, lalu bertambah dengan efek hujan pun terasa kurang realitis alias cepet kering di karakternya, yang lama2 berubah tampilan dengan ada sekian detik efek basah sejenak dan kering. Pada akhirnya efek hujan selalu menjadikan sesuatu hal yang menarik, bahkan sekian banyak detil yang sangat terlihat dari tampilan Lara yang selalu berubah bentuk dengan sosok yang semakin menghadirkan detil tinggi.

Jadul, saya ga tau apa itu AMD? Tau komputer saja sudah terasa ilmu, bongkar komputer saja tidak pernah, sampe disebuah pekerjaan yang mengharuskan saya merakit, sampe melakukan instalasinya, baru deh mudeng. Akhirnya bergaul dengan sekian teman yang sama2 1 hobi di dunia komputer, maka saya pun mulai mudeng dengan istilah AMD itu.


AMD menghadirkan sejublek jenis prosesor yang tidak hanya bermain di dunia komputer tak bergerak alias macam PC, namun merambah ke dunia laptop. Merupakan otak dari komputer yang bekerja sangat cepat, pun di jaman kuliah, mengenal arsitektuk komputer terlawas pun menjadikan pusing kepala, karena rumit. Terbayangkan dengan kecepatan yang dimiliki oleh prosesor dalam waktu 1 detik saja sudah dapat melakukan ribuan aksi.


Pada acara AMD Bloggers Day, menjadikan pengalaman yang sangat menarik buatku, melihat bagaimana game Tomb Raider dihadirkan dengan kecepatannya yang menakjubkan. Bahkan game yang sering kita mainkan bersama teman2 yaitu Battlefield pun ditampilkan. WOW, layar 4K menjadikan akurasi tinggi yang notabene didemonstrasikan pula.


Bermain game di era sekarang sepertinya bisa dilakukan dimana saja, di ponsel ataupun tablet, namun tetap sangat menarik saat kulihat jajaran laptop terkini AMD yang mampu memainkan game2 genre berat itu, tentunya menjadikan pengalaman berbeda saat bermain di gadgets.

Laptop dan PC selalu menghadirkan pengalaman berbeda untuk bermain apapun jenis gamenya. Dan semoga di masa mendatang, saya dapat merapal kembali game Tomb Raider yang sangat saya sukai. Tentunya melihat teman bermain, sangat berbeda rasanya dengan memainkannya sendiri, menjadikan pengalaman bermain yang sangat menjiwai apa arti bermain game....(",)

No comments: