Tuesday, December 19, 2006

Bahaya Rokok


buat TS....thanks postinganya...jujur....rokok buat gue kayak teman setia sekaligus pembunuh secara perlahan2...tapi tenang...buat gue, rokok bukan sebuah ketergantungan....kalo 1-2 hari ga keluar rumah dan ga ngokar...no problem with me.....karena memang gue sempet di cemburukan oleh temen2 kampus...1-2 tahun gue bisa brenti....lanjut lagi 1-2 tahun merokok tanpa henti pula.....just a simple case buat gue...bukan sebuah ketergantungan...kalo gue mau brenti yah brentilah....tapi saat gue lagi pengen dan jalan terus....mau dilarang gimana juga ga akan berhenti...maybe penyakit yang kalo makin dilarang makin menjadi...jadi saat gue bosan....gue enyahkan barang itu jauh2.....so simple buat gue sih......

Yang penting tau rulesnya sebagai perokok...hormati orang yang tidak merokok sepertiiiiiiii.....yang tidak merokok pun menghormati para perokok itu...ibaratnya gini.....orang lagi nongkrong dengan sekumpulan perokok dan tiba2 misalkan sesama gender atau lawan gender nimbrung dan ngomel2 dengan yang para perokok...hem....menyalahi aturan maen...dari tadi juga mereka ga nimbrung juga adem2 aje....kenapa mereka datang dan langsung ngomel2....mereka punya hak seperti kita punya hak...dia ga mau deket2 perokok yah jangan bergaul dan tiba2 ngomel2.....sama aja kalo gue nimbrung di sesama yang bukan perokok, gue tanya dulu bolehkah saya merokok disini, pukul rata pula sesama gender dan lawan gender...mereka mengijinkan yah oke2 aja...mereka ada yang kayak keberatan yah gapapa, gue pilih aja, tidak merokok atau menjauh dulu dari mereka saat gue merokok...so siimple kan?...

Yah itu contoh saling hormat menghormati sesama perokok...jujurnya banyak yang dapat di galang persahabatan dari cuman rokok dan korek...

kasih contoh dikit....obrolan dengan lawan gender baru kenal yang sama2 perokok bisa terjalin gara2 minjem korek....yang ujung2nya mungkin menta rokoknya pula... maksudnya (ojo pikir yang aneh2...keep the fokus at the topic!!! serius!!) sapa tau rokoknya abis yah menta...atau memang yang menta mau beli tapi ga ada tempat belinya padahal cuman butuh sebatang, jadi tanya kepada kita yang perokok dimana belinya....saat ga ada mungkin dia mau bayarin cuman sebatang doang...beda kan dengan manusia macam gue yang bisa nahan diri kalo memang ga ada.....simple kan?...atau tukeran rokok karena beda merk?...bisa juga terjalin...

Ambil case laen....dari modal minjem rokok bisa terjalin obrolan panjang.....cuman gara2 rokok.....ga percaya?.....obrolan akan berlanjut ke....sudah berapa lama merokok?....kenapa pake merk itu?.... gimana dengan orang tua akan larangan merokok?..biasa beli rokok dimana aja?....sejak kapan merokok?....wah panjang lah ceritanya yang kalo gue pas pake zippo bisa cerita panjang lebar akan asal muasalnya itu zippo bisa gue miliki....simple kan?....

Mau lagi?.....gampang....saat stress bisa menjadi temen sejati, menenangkan pikiran dan ke grogian...gue pernah dengan jujur ke orang yang gue pdkt in menta ijin dengan jujur...."maap, gue boleh ngerokok ga?...gue grogi deket2 elo neh, grogi brat jadi biar tenang yah sambil ngokar yah...." dan kalo memang dia tulus yah akan membolehkan...tapi kalo udah dapet bocoran bahwa si lawan gender ga demen perokok.....tinggal dipilih....jangan dekati itu lawan gender dari awal...atau....quit smoking?.....simple kan?..

Mau lagi?....rokok bisa menjadikan pembunuh waktu dalam berbagai suasana...saat kendaraan roda 2 gue keujanan dan kudu neduh...ketimbang mikir yang aneh2 saat neduh dengan sekumpulan strangers.....bisa merokok...membunuh waktu......pun kalo terjadi pinjem atau menta api....yah akan saling buka obrolan....sapa tau buka koneksi pula....

mau lagi?...saat putus mungkin banyak kegiatan negatif yang dapat terjadi...seperti seorang yang kehilangan 1/2 nyawanya.....ketimbang nge-drugs....mabok sampe teler dan duid abis...rokok bisa menjadi sahabat termurah dan teraman dijajaran penghilang kesedihan.....baek sambil nangis atau sambil menyendiri...dia menemani dan selalu ga separah impact yang laen....ga akan terkena virus HIV pula kan?....so simple...

so....rokok buat gue teman sejati...ga tau sepanjang hidup gue atau sesekali doang....sama aja....yang pasti memang....selama gue tidak merokok.....konsentrasi bisa lebih tinggi dan dapat berpikir tokcer....jangan salah....lebih sehat pula pernapasan, gue dah cobain...tidur lebih nyenyak dan makan lebih banyak.....rokok memang menghalangi hal2 tersebut....orang stress merokok malahan gue pribadi malahan lebih stress....tenang sih iyah...tapi malahan jadi bego dan jadi males juga bisa terjadi.....(ini gue pribadi...no offense akan orang laen yah...pure pendapat gue pribadi.....berlaku hanya untuk gue...)

So...merokok atau tidak merokok bukan halangan brat buat gue...semuanya bisa ada baek dan buruknya....menemani saat gerimis malam dalam kendaraan...saat biar gue fokus bawa kendaraan dan tanpa teman bicara...dibarengin iPod mungil gue dalam perjalanan.....sampe selalu dalam keadaan selamat sampe tujuan....juga saat2 ban bocor dan dibenerin sama si abang tukang tambal ban.....bisa membantu menjadi teman pula disela2 pembicaraan atau bisa juga bikin para pengamen atau mungkin preman nyamar jadi pengamen yang pas kita ga ada recehan...dia menta sebatang, kasih aja...selamet kan?....so.....banyak faedahnya kalo diliat...memang....bayarannya adalah diri sendiri dan orang2 tercinta disekitar si perokok itu...mangkanya....bisa menempatkan diri adalah yang utama...

Merokok itu membakar uang...itu pasti....tapi dari semua yang gue bredel..itu menurut gue adalah "pelampiasan" termurah ketimbang melakukan hal2 negatif yang para sesama gender lakukan...dan....hanya itu yang gue lakukan...so...kalo someday mungkin akan terjadi peperangan denagn ortu gue akan hal ini, hal yang gue tulis diatas akan gue katakan dengan jujur....pun gue memang salah...so?.....pilihan masing2....

Itu aja akhir kata dariku...but....buat TS...great thread...ini pembedahan menarik....seperti aku bedah akan pengalaman dan pendapat gue sendiri tentang apa arti rokok....

buat para perokok mania.....hormati yang tidak merokok...tempatkan pada posisi yang benar...

buat para yang anti rokok....hargai kita para perokok pula ketimbang melakukan hal2 negatif yang ujung2nya malahan impactnya panjang pula....cuman gara2 merokok (misalkan mabok brat malahan melakukan anarkis atau kemplang2an...) so.....kedua belah pihak saling menghargai....

Bukan mencari siapa yang salah dan bukan saling tunjuk2an....cuman 1 kata simple.... "saling hormat menghormati...."

regards buat sesama dan yang bukan perokok
yossie3660

diambil dari postingan ini dan Thread Lagi, soal Bahaya Rokok

2 comments:

Olie said...

weitsss.... baru kali ini gwe liat perokok bijak kaya lo. Wish evry smokers are like you.

'lam knal brur..

Gwe sambil lewat....lagi nyari artikel ttg Siap/tidak siap Nikah.

Olie said...
This comment has been removed by a blog administrator.