Wednesday, April 13, 2005

Waktu


Waktu berputar tanpa bisa kita hentikan dengan cara apapun, perputarannya selalu menambah lajunya matahari dalam memancarkan cahayanya, seiring dengan bertambahnya usia kita dari hari ke hari. Tidak terasa jika semua telah terlewati, dan kita sejenak melihat ke belakang, betapa cepatnya waktu berputar. "Seperti baru kemarin", begitu ungkapan banyak orang dalam melihat hari-hari yang telah terlewati. Tak terasa banyak kenangan yang tergoreskan di hati setiap orang, puluhan bahkan ratusan foto tersimpan dengan rapi, terkadang ada pula dalam bentuk surat dan ungkapan-ungkapan kecil yang terselip di dalam memori kita masing-masing.

Tidak ketinggalan pula moment-moment yang terlukiskan dalam benak setiap orang, lalu lalang orang seperti melewati diri kita, baik karena bertambahnya teman atau lawan, atau bahkan yang selintas lalu. Semakin banyak yang mengisi keseharian kita, semakin banyak pula yang mungkin meninggalkan kita, dan banyak sebab yang tidak dapat kita cerna dengan akal sehat masing-masing, tetapi itulah kehidupan dan kita harus selalu menjalaninya suka atau tidak suka, mau atau tidak mau.

Banyak kejadian berlalu dan tanpa bisa kita hentikan, berlalu dengan cepat, seperti kita mengendarai kendaraan yang bergerak terus dan secepat itu pulalah umur kita bertambah. Tak terhentikan. Tapi percayalah dengan berlalunya waktu dan bertambahnya umur, semua kejadian yang melintas dalam benak kita pasti akan banyak menimbulkan goresan-goresan yang tajam, baik hal yang manis ataupun yang pahit yang merupakan bekal kita di masa mendatang.

Terkadang kita harus merelakannya demi sebuah kebahagiaan, dan apa boleh buat karena kita menginginkan kebahagiaan itu, kita pun harus merelakannya dengan lapang dada. Kedewasaan dan pengalaman terus menyatu dengan diri kita, tanpa disadari kebijaksaan pula akan memupuk kita dalam berkata dan berpikir, apapun itu selalu kita berikan dan berharap agar semuanya bahagia dan mendapatkan yang terbaik.

Banyak kejadian dalam hidup ini yang membuat hati kita terenyuh melihat dan merasakannya, tapi memang begitulah adanya, dan memang sudah semestinya, kita beranjak dewasa, semua orang pun demikian. Kudoakan selalu untuk semuanya yang berlalu demi mencapai tujuan dan cita-cita mereka. Salamku untuk semua sahabat dan orang-orang yang ada disekelilingku, berjuanglah selalu, majulah terus dan gapailah semua impian dan wujudkanlah.

No comments: