Thursday, March 31, 2005

Loser...

Dulu gue pernah punya prinsip bahwa kalo tidak bisa mendapatkan apa yang gue cari, kadang pake istilah bagus....yaitu "Yang penting sudah gue coba..." Tapi lama-lama dengan semua kegagalan yang ada, lama-lama itu istilah berubah, setidaknya cukup mengubah prinsip agar lebih keras dalam berusaha yaitu "Kalo elo sudah coba tapi tidak bisa juga, you are Loser....." Setidaknya itu yang memberkas dalam benak gue, soalnya gue kurang setuju dengan yang namanya sudah berusaha tapi ga bisa-bisa dan tidak mendapatkan dengan segala usaha kita, dianggap sudah berani mencoba tapi belum saatnya untuk berhasil.

Gue tersenyum getir kalo mendengar istilah itu....."Keberhasilan yang tertunda..." Terkesan seperti sebuah kekalahan yang dilakukan untuk menghibur diri sendiri, gue sangat tidak setuju. Sehingga apapun dan bagaimanapun percobaan gue dalam melakukan suatu hal harus membuahkan sebuah hasil, kalo memang sudah mentok dan tidak sesuai dengan yang gue inginkan, gue anggap itu hasilnya untuk saat ini, masih bisa dilanjutkan dikemudian hari apabila mau diteruskan lebih lanjut. Namun waktu tidak bisa kompromi dengan semuanya, kita harus berusaha terus, tapi memang sebuah kegagalan bukan merupakan sebuah kekalahan total yang bisa dikategorikan seperti istilah "Loser" tersebut, gue belajar banyak hal dari sebuah kegagalan, setidaknya prinsip dahulu kembali berubah.

Kita sudah berjuang sampai titik darah penghabisan, karena dengan segala perjuangan dalam setiap titik kehidupan, itu dilakukan agar berusaha mencapai tujuan dengan segala itikad baik dan perbuatan baik pula. Namun hasilnya bisa tidak sesuai dengan yang kita inginkan, janganlah berkecil hati dan menganggap sebuah kegagalan menjadi sebuah kekalahan, karena kita tahu bagaimana usaha dan kerja keras yang kita kerahkan dalam mencapai sebuah tujuan, kalo kata Bang Iwan Fals sih, "Yang penting prosesnya...."

Jujur saja, dengan usaha dan kerja keras kita untuk mencapai suatu tujuan, prosesnya yang kadang kala kita lupakan demi selalu terfokus pada tujuan akhir, jika kita sudah mencapai tujuannya, pasti akan menganggap bahwa semua itu sudah selesai, padahal dibalik semua itu pelajaran yang terpenting adalah prosesnya, dimana semua yang kita lakukan demi membuahkan sebuah hasil yang terbaik dibentuklah dari proses itu sendiri, sehingga dengan proses yang perlahan tapi pasti, itu akan jauh lebih baik ketimbang kita mengambil jalan pintas langsung untuk mendapatkan hasilnya, karena kita tidak akan merasakan pengalaman yang berharga dalam usaha mencapai tujuan akhir.

So.... Are You A Loser?

No comments: