Thursday, August 04, 2016

Suicide Squad 2016


Review sederhana tanpa bermaksud untuk (sedikit) spoiler serta tidak membongkar ending cerita, karena masih sangat baru tayang filmnya di bioskop, jadi buat yang belum nonton pun dapat membacanya, tidak bermaksud men-judge, pro-kontra silahkan, tulisan ini murni pendapat saya pribadi setelah melihat di bioskop, dan saya tidak mengambil tulisan dari media manapun.

Apa yang Anda bayangkan jika sebuah geng dengan tokoh antagonis berkumpul? Tentunya akan sangat menarik bukan? Dengan konsep yang bertolak belakang dari kompetitornya yang mengumpulkan semua tokoh jagoannya, kali ini DC menghadirkan tokoh2 yang terbilang unik dan menarik dengan penggabungan karakter pria dan wanita.

Film dibuka dengan pengenalan tiap2 karakter yang memiliki kemampuan berbeda-beda. Kombinasi baik pria dan wanita. DC yang tetap ada hubungannya dengan para tokoh supernya seperti Superman dan Batman, dan kehadiran film ini jelas kebalikan dari seri film DC sebelumnya.


Tidak saya sebutkan siapa-siapa saja tokohnya karena tidak terlalu hafal, namun konsep yang dihadirkan sangatlah "FRESH" di mata penonton. Sebut saja yang pastinya kalian kenal seperti Joker. Tokohnya memang diubah dari serial DC yang pernah ada, tentu dengan warna rambut yang selalu hijau, sebagai lawan tangguh dari Batman, namun kehadirannya kali ini tidaklah sendiri, menghadirkan pasangan dari sang Joker yang sepertinya tidak dikupas di film serial DC versi layar lebar. Seperti apakah tokoh pasangan dari Joker? Tentunya sangatlah menarik untuk melihat karakter wanita ini dengan senyum yang menawan namun...hati2 jika berdekatan dengan sang wanita yang satu ini, ganas kali "sentuhan"-nya tak kalah dengan sentuhan sang Joker.


Penggabungan kali ini memang sangatlah menarik, dengan beberapa tokoh yang memiliki kemampuan menembak head-shoot yang sangat jitu, manusia bawah tanah yang menyerupai buaya, manusia api, manusia pelempar pisau terbang, bahkan dihadirkan pula wanita asal china dengan senjata pedang nan cepat dan sigap.


Konsep awal dengan menggabungkan tokoh antagonis yang berbeda2 karakter, cukup smooth juga pengenalan tokoh ini disajikan kepada pemirsa tanpa berkesan kaku, dan memberikan pencerahan akan asal usulnya hingga kemampuan yang dimilikinya, bahkan hingga ditangkap nya seperti bagaimana.

Sekali lagi, ini adalah tokoh DC yang tentunya jangan digabungkan dengan tokoh Marvel, sangat berbeda kemampuan dan konsepnya. Tokoh sakral DC mau tidak mau berhubungan dengan tokoh yang legendaris seperti Superman dan Batman, pun Superman tidak diceritakan, namun sedikit diberikan gambaran kemanakah sang tokoh dari planet Kyrpton itu di bumi? Adakah hubungannya dengan film Batman V Superman? Mungkin saja namun mungkin tidak, yang pasti akan sedikit muncul kehadiran Batman dalam beberapa scene, pun tidak menjadikan pusat dari film ini, serta agak mengambil lokasi di kota Gotham.


Pengumpulan tokoh2 antagonis ini sangat menarik buat saya pribadi, asal muasal yang cukup berbeda dan bertujuan untuk mengamankan bumi tentunya. Kok bisa tokoh antagonis dijadikan sebagai tokoh yang mengamankan bumi? Pastinya ada ego secara langsung dari film Amerika ini yang tak ingin dikalahkan.

Scene demi scene ditampilkan dengan alur maju-mundur, kombinasi warna-warna yang bertabrakan untuk memperkuat karakter sang tokoh antagonis itu sendiri. Tapi dari sekian banyak tokoh, memang buat saya pribadi, tokoh liar Joker ini luar biasa dihadirkannya dengan selalu penuh dengan ketakjuban, menarik, mengena, bahkan kesan "gila"-nya sangatlah kental dan terasa mendalam, yang tentunya berendengan dengan sang pasangan joker itu dalam menuntaskan misi utama dari film ini.


Dari awal hingga tengah film, buatku sangatlah menghibur, dimana penonton awam seperti saya yang cukup sebagai penggemar tokoh DC, tapi tidak perlu bersusah payah mengingat-ingat bagaimana latar belakang, dll-nya, dan semuanya disajikan dengan menarik. Namun dari sektor tengah hingga akhir, mulai menjadi pertanyaan di kepala saya, sebenarnya tugas ngumpulin ini tokoh antagonis apa sih? Mungkin sedikit "miss" akan tujuan yang diembannya, karena ada sedikit berbalik perlawanan dari mereka sendiri, dan entah mengapa, selalu buatku film Amerika yang mampu menyajikan sesuatu yang baru, menjadi AMAZING liatnya, namun selalu heran, kenapa juga portal yang berhubungan dengan dunia lain, selalu kesannya lama bener?


Tidak bermaksud men-judget, tapi selalu kayak dilama2in aja itu portal dunianya, padahal saat menjelang klimaks dari film ini, mood sudah terasa naik perlahan-lahan menuju puncak cerita, dan selalu BUMP.... kok kelarnya terasa sederhana yah? Apakah sudah kehabisan cerita juga untuk menyelesaikan film yang sudah diangkat WAH dari awal hingga menuju akhir?

Tapi tak mengapa, overall saya puas dan sangat puas kok menikmati tayangan ini, dan sesekali ada joke yang mengena buat seluruh penonton tertawa ataupun tersenyum, pun ada pula scene yang menyedihkan mengenai keluarga ataupun orang-orang yang dikasihi di sekitar mereka.


Akhir kata, saya ucapkan selamat menonton, dijamin pasti weekend ini akan cukup memadati para penonton untuk menyaksikan film yang menghibur ini, dengan durasi yang cukup panjang, sekitar 2 jam yang mampu memaksa Anda untuk tidak beranjak dari bangku agar tidak kehilangan alur cerita.

Sedikit tambahan bahwa pun film ini dari komik, namun terdapat beberapa adegan kekerasan yang cukup liar, tidak cukup layak ditonton bersama buah hati Anda yang masih dibawah umur, karena akan bertanya-tanya, mengapa begini, mengapa begitu? Bahkan atribut dari setiap karakternya cukup unik yang seyogyanya tidak diikuti oleh buah hati Anda yang masih belum cukup umur.

Selamat menyaksikan Suicide Squad....(",)

Thread: https://www.jodohkristen.com/topic/812/31/

No comments: