Monday, December 29, 2008

Komik Kambing Jantan


Begitu diawal Desember, tepatnya tanggal 7 Desember 2008, gue langsung meluncur ke PIM untuk membungkus komik yang udah gue tunggu2, langsung mengarah ke gramedia..dan jreng2....dapet juga neh komik....langsung bungkus....gue berikan 50 ribuan lecek dan diberi kembalian 17 ribu dari kasirnya....langsung dengan perasaan girang, gue bawa tuh buku dan langsung becokol di dunkin donut buat baca dengan asyik sambil nyeruput ice lemon tea ditemani dengan marlboro merah....

Melihat dari cover depannya aja udah bisa bikin ketawa nyengir....sederhana namun kocak... dengan muka sang penulisnya dibuat versi komik, membuat lebih lucu dari yang dapat dibayangkan dari yang biasa gue baca dari versi bukunya...buku2 versi sang kambing jantan aka "Raditya Dika" ini buatan dari....
Dimana masih banyak lagi beberapa karya lainnya dari Sang Kambing "Dika" itu.....oke, gue bahas deh....mengenai bukunya yang udah dijejalkan dalam beberapa edisi versi buku/novel biasa, dengan ketebalan yang berbeda2....jika diliat dari sisi cover, ketebalan dan cetakan, kurang lebih sama, konsepnya diserupakan dengan buku pertamanya...untuk rentetan buku dari sang "Dika" dapat dilihat sebagai berikut.....
Terlihat bahwa versi komik ini mengambil contoh awal dari versi buku pertama dari Dika, sama2 hijau, walaupun hijaunya lebih tua pada versi komiknya, namun judul utama mengambil konsep itu dengan "Kambing Jantan" sebagai awal mula buku pertama sama dengan komik pertama Dika....oke, gue coba buka ke dalem dikit, terlihat memang seperti yang Dika katakan bahwa di cetakan kedua sudah diperbaiki, contoh terlalu rapatnya antar lembar di setiap ceritan komiknya cukup menjadi kendala, kalo dibuka terlalu lebar, bisa2 copot lembarannya, beberapa dapat dilihat sebagai berikut.....
Yup...terlihat bahwa tulisan yang terlalu mepet membuat gue sebagai pembaca agak kerepotan membacanya.....terlihat lagi dari beberapa halaman berikut dimana sisi yang mengarah di tengah benar2 cukup mengganggu....
Rupanya komplain seperti ini bukan saja terjadi dari benak gue sendiri pas gebacanya....pas gue baca di blogs Dika juga rupanya banyak yang komplain ttg kerepotan betapa rapetnya halaman yang satu dengan yang laennya....
Bagus deh stidaknya masalah awal sudah diperbaiki..gue baca barusan bahwa di cetakan kedua sudah dibereskan masalah ini, dan yah gpp, gue yang udah beli di cetakan pertama, no problemo....langsung baca terus dan sesekali maunya ngakak dengan kenceng saking kocaknya... karena kadang2 pas kita baca bukunya yang versi blogs, terlihat sekali bahwa perlu penggunaan nalar kita sendiri dalam menerjemahkan apa yang dituliskan...dan penerjemahan itu bermacam2, bisa aja setiap yang baca berbeda penerjemahannya.... namun begitu baca versi komik, jelas sekali penerjemahan itu dibuat sama, bahwa gue baca dibagian china townnya... cukup mengagumkan karena terlihat detail sekali, nama tempat dan nama2 toko terlihat bahwa gue yakin serupa dengan yang berada di adelaidenya...mantap.....gue nyaris ngakak abis saat di awal2 gue baca bahwa sang "Dika" cukup menggelinding biar dari kamar mau ke toiletnya....hahahaha...gile bener....bener2 goresan "Dio Budiman" sebagai sang illustrasinya beneran tokcer....klop dah kedua manusia itu bersatu...hahaha....

Oke...sekarang akhirnya gue jejerin semua buku2 yang gue punyai, yang pasti dari waktu kewaktu terlihat semakin baik...dengan tulisannya yang timbul, warnanya yang simple dan kesamaan bahan di setiap halamannya, membuat buku baik versi novel/blog atau komik menjadi mudah dibawa dan tetap handy....simple...bisa nyelip disaku atau di sisi2 tas dan ga terlalu tebal.....
Yang pasti kalo dlihat dari sisi harga...ga bisa dibilang murah juga...tapi kalo gue compare dengan buku2 novel atau komik jaman sekarang...hem...ga berbeda jauh....durasi harga antara 20 ribuan hingga 30 ribuan sekian...masih tertolerir...pun gue dah gawe, tapi sebagai sisi hobby membaca yang mau menyisihkan duid jajan gue, hem....oke lah...masih mumpuni..tergantung dari tebal tipisnya si buku aja... Yang pasti gue demen dari sisi judul yang nongol atau timbul...menjadi berkesan unik...dan di bagian belakang, diberikan sedikit ceritaan simple...bener2 kocak deh....baik buku novel atau komiknya..sama2 kocak.....
Saking masih terbilang barunya tuh buku...sampe gue bungkus plastik biar ga kotor...hahaha....tapi...memang kalo durasi membaca...lebih padat versi novel/blogs...karena selain karena cuman tulisan doang...perlu waktu juga buat membayangkan situasi yang terjadi..beda dengan mencerna sebuah komik...komik Kambing Jantan sangat simple dipahami...sekali liat dan baca....jreng2...udah langsung membalik2 dengan cepat ke halaman berikutnya sambil senyum2 sendiri dan....moga2 ga disangka gila... so... perhatian.. hati2 kalo baca ini di tempat umum....terbukti udah gue bawa kemana2 dan kadang ada yang minjem..jreng2....ada yang disangka jadi gila.....ga ce ga co sama aja...yang baca pasti ikutan gila...bisa2 wabah menular di jakarta... gilaisme gara2 kambing jantanisme....hahaha....hati2 tuh..so...kalo mau gila, sendirian dulu..begitu dah gila, baru tularkan dengan cepat....wabah ini bahaya karena tidak pandang usia dan gender...langsung menyebar dengan cepat....hihihi...

Oke segitu dulu review dari gue....berikut gue iseng2 olah foto2 yang udah gue sebar diatas...gue olah jadi versi komik berwarna...mungkin jadi lebih lucu...hihihi...oke....seperti ini tampilannya.... jreng2.... (klik gambar dibawah buat lebih jelasnya akan ditampilkan ukuran besarnya dan versi komik kartun berwarnanya jadi lebih keliatan)

Yang pasti ada satu kalimat yang gue baca dan bikin gue selalu ingat akan sesuatu hal yang "ga penting" namun kocak buat dituliskan...hihih....di halaman terakhir tertuliskan....."Apakah Sharon Benar - Benar Wanita?" hahaha...kalo gue baca lagi...bener2 ga penting banget....yah jelas2 diceritaannya dia ce...masih juga dituliskan...emang akan ada semacam X-Files yang mencari tau dia beneran ce apa co?...hahaha...cuman..disitu sisi lucunya..kadang ada kejadian yang ga penting dituliskan namun dituliskan juga.....bisa bikin kocaknya disitu....hahaha...oke deh..ditunggu edisi 2-nya....semoga lebih gila dari edisi pertama ini oke?.....

Salam hangat buat Dika dan Dio....terus berkarya oke?.... (",)

Link Terkait :
Lomba Review Komik Kambingjantan
Tas Keren & Info Lomba Review Komik KambingJantan

No comments: